Warga Talang Jawa Enggan Bayar Sewa Tanah Diminta PTBA, Dan Kami Tetap Bertahan Tinggal Disini

-Berita-157 views
Content Protection by DMCA.com

Laporan : Bambang

MUARAENIM,poskota – sekitar enam ratus warga talang jawa mendapatkan undangan dari pihak PTBA, Dan yang di panggil secara berkelompok, dan tempat yang berbeda, jam yang berbeda ada yang di panggil ke gedung serbaguna yang baru, dan ada yang di gedung pertahanan.Senin (17-05-2021)

Sehubungan dengan sosialisasi yang dilakukan oleh PT. Bukit Asam (PTBA) Tbk. saat ini perihal Sosialisasi SK Direksi PTBA Nomor 235 Tahun 2018, dan sesuai dengan surat Edaran Kementerian BUMN No. SE-14/MU/12/2020, tanggal 18 DesemBer 2020 Tentang PenerBitan Aset Tanah dan Bangunan Milik Badan Usaha Milik Negara, serta sosialisasi Penggunaan Aset PT. Bukit Asam Kelurahan Tanjung Enim, Kelurahan Pasar Tanjung Enim Kecamatan Lawang Kidul KaBupaten Muara Enim, sesuai dengan surat undangan Nomor : T/203/14310/AS.03/V/2021. Tanggal : 11 Mei 2021, Perihal : Undangan Sosialisasi Penggunaan Aset PTBA.

Maka dari itu masyarakat yang di panggil sesuai surat undangan untuk sosialisasi sangat Berkeberatan terhadap sosialisasi yang di lakukan saat ini, karena masyarakat Bukan sosialisasi tetapi leBih tepatnya pengakuan dari masyarakat tentang tanah dan Bangunan saat ini, karena ada lampiran yaitu :

Permohonan izin penggunaan Tanah /atau Bangunan Milik PT Bukit Asam TBk. Seharusnya PT. Bukit Asam menjelaskan terlebih dahulu status tanah tersebut, apakah hasil pembelian PT. Bukit Asam, karena sudah mendapatkan Konsensi, KW, KF Atau IUP di atas lahan tersebut, ataukah tanah terseBut Tanah Ex – Behesteren. Harusnya dapat dijelaskan secara terinci oleh PT. Bukit Asam, sehingga masyarakat tidak Bertanya-tanya mengenai status tanah terseBut, karena jawaban dari kedua tersebut mempunyai konsekuensi masing-masing.

Itulah yang disebut Sosialisasi, karena masyarakat mempunyai pengetahuan yang lebih setelah dijelaskan oleh PT. Bukit Asam, dan masyarakat juga mempertanyakan sosialisasi yang sudah di lakukan, di sampaikan oleh pak Agus sudah 4 kali sosialisasi dilakukan, karena masyarakat merasa tidak dilibatkan, kapan sosialisasinya, photo2 dan Daftar Hadirnya?.

Sebelumnya masyarakat perlu informasikan kepada PT. Bukit Asam, status tanah tersebut yang saat ini kata PT. Bukit Asam sosialisasi;
1. Tanah dan Bangunan Yang digunakan oleh Pensiunan atau anak Pensiunan PN.TABA
2. Tanah dan Bangunan Yang digunakan oleh Pensiunan atau anak Pensiunan TNI
3. Tanah dan Bangunan Yang digunakan oleh Pensiunan atau anak Pensiunan Guru
4. Tanah Masyarakat
5. Tanah PJKA
6. Tanah dan Bangunan Yang digunakan oleh Sekolah

” salah satu warga talang jawa Hermidi mengatakan, sangat terkejut dengan adanya surat undangan yang di dalamnya terlampir sewa bangunan Rumah, dan harganya pun berpariasi. Hemidi pun mengatakan, jangan kan kami mau membayar sewa rumah, di dalam musim pandemi ini, untuk makan saja kami susah Lanjut Hermidi, dulu dari zaman nenek kami belum ada kami di suruh bayar sewa rumah oleh ptba. baru ini lah kami mendapat kan undangan yang terlampir sewa. Padahal kami masyarakat belum pernah mendapat kan bantuan apapun dari PTBA, atau berbentuk CSR. Ucap Hermidi

Di ruang gedung di pertanyakan awak media kepada Agus selaku Manejemen Aset ptba, kenapa panggilan ini berkelompok dan terpisa, ia hanya menjawab ” nah tanyakan langsung kepada Humas iko Gusman. Karna saya takut salah, atau nanti saya telpon dulu.tampa ada kelanjutanya.

Di tempat terpisah hendra gunawan salah satu wartawan onlene melalui via WhatSapp. Minta kompirmasi kepada Humas PTBA iko Gusman terkait panggilan warga mengenai aset PTBA yang tidak ada pemberitaunnya sama sekali.

.” hari ini ada kegiatan sosialisasi terkait pengunaan aset perusahaan oleh pihak perorangan/pribadi menindak lanjuti hadil Rekomendasi hasil audit BPK RI Tentang optimalisasi aset”
Masih jawab iko “Pihak perusahaan akan menjelaskak kepada pihak perorangan/pribadi yang mengunakan aset perusahaan dengan tetap nendengarkan dan menerima pendapat,masukan,dan usulan dari pihak perorangan/pribadi ” ucap iko gusman.

News Feed