Untuk Ciptakan Jurnalis Muda, KJK Latih Puluhan Pelajar Dalam Ruang Jurnalis

Content Protection by DMCA.com

Untuk menghadirkan calon jurnalis generasi baru, (KJK) Komunitas Jurnalistik Kompeten dan ILUSI (Ikatan Alumni Komunikasi Universitas Mercu Buana, beri pembekalan dan pelatihan kepada puluhan pelajar dari Cengkareng. Sabtu,(22/01/2022).

8327CD19-2C2C-4438-92C5-D39F9C40CCA4

Kegiatan pelatihan ini di gelar di Aula Warung Tepi Jalan (WTJ), Babakan, Kota Tangerang. Acara Ruang Jurnalis dan pembekalan ini bagian dari ilmu dasar-dasar jurnalistik kepada siswa-siswi yang ingin Praktek Kerja Lapangan (PKL). Hadir dalam acara tersebut, diantaranya. Andri S Permana, Tokoh muda dan Anggota DPRD Kota Tangerang. Wahyudi CEO WTJ serta CEO Megapolitanpos. Agus Lasmita Karya, Mantan Ketua PWI Kota Tangerang, CEO Poskotanews. Rusadin Ijam, COE Banten Net, pengurus KJK.

Arya anggota ILUSI mengatakan, ada banyak konteks yang harus di cari tahu seperti soft news di buat menjadi hard news. Tapi, hard news memiliki empati untuk tidak menulis secara tidak etik. Setidaknya sebuah berita harus di garap lebih dalam lagi, katanya.

“Dalam penulisan berita memang di perlukan 5W+1H dan kita sebagai wartawan harus bisa membuat sebuah berita. Ini memiliki jiwa serta kehidupannya, seperti sinetron ikatan cinta yang skenarionya mampu membuat para penontonnya terbawa suasana,” ujar Rusadin. Minggu, (23/01/2022).

Sementara itu, Mantan Ketua PWI Kota Tangerang memaparkan. Bahwa menjadi seorang Jurnalis itu tidak mudah karena perlu memahami Kode etik Jurnalis dan Undang Undang Pers. Itu bagian pokok dasar apabila ingin menjadi seorang Jurnalis, karena setiap kerja wartawan di lapangan punya aturannya, paparnya

“Mental adalah modal dasar yang harus di persiapkan oleh seorang jurnalis,” imbuh Agus Lasmita Karya, yang juga Wartawan Senior Kota Tangerang.

Sama hal dengan Andri S Permana, Tokoh muda Tangerang, Ruang Jurnalis bisa menciptakan wartawan muda yang bertalenta untuk menggoyahkan dunia. Seperti Filosofi Bung Karno. Beri aku 1000 orang tua niscaya gunung Semeru akan aku angkat dan beri aku 10 pemuda niscaya akan ku goncang dunia, tutup. Andri yang juga seorang wakil rakyat di parlemen Kota Tangerang.

Setelah semua narasumber selesai menyampaikan materi, Agus M Romdoni Ketua KJK Tangerang Raya, lalu menutup acara ruang jurnalis. Sebagai pembekalan ilmu pengetahuan dasar-dasar jurnalistik dengan meyuarakan yel yel KJK.

“KJK!” ucap Agus Romdoni.
“Sukses sukses sukses” jawab pelajar dengan penuh semangat. (Dilla WI/MG)

News Feed