Penjelasan RS Primaya, Terkait APD Dokter di Bebankan Pasien Dengan Biaya Tinggi

-Nasional-521 views
Content Protection by DMCA.com

Laporan : Aries sundoro

TANGERANG,poskota – Masyarakat di Kota Tangerang sangat mengeluhkan dengan adanya biaya APD (Alat Pelindung Diri) dokter yang terlalu tinggi dibebankan kepada para pasien, khususnya di rumah sakit swasta Primaya Hospital Kota Tangerang.

Hal ini membuat Forum Aktivis Tangerang Raya (FAKTA) tidak tinggal diam. FAKTA membuat kegiatan Koin donasi yang diadakan dilampu merah Tugu Adipura Kota Tangerang pada hari Selasa (08/06/2021) dan Rabu (09/06/2021).

Iqbal Fadillah, Ketua Forum Aktivis Tangerang Raya (FAKTA) menuturkan Koin Donasi ini sebagai bentuk solidaritas kami sebagai masyarakat, agar bersama-sama bertujuan menghentikan biaya APD Dokter yang begitu tinggi yang telah dibebankan kepada para pasien, contohnya di Rumah sakit swasta Primaya Hospital Tangerang.

Hasil donasi yang kami dapat, langsung kami berikan kepada pihak RS.Primaya. Harapan kami pihak rumah sakit bisa segera menghapus biaya APD Dokter yang terlalu tinggi kepada para pasien. “Ungkapnya

Jangan sampai terdapat biaya APD lagi yang dibebankan kepada pasien terutama pasien rawat jalan dan rawat inap disana.

Permasalahan segera akan kami laporkan kepada Badan Pengawasan Sengketa Konsumen (BPSK) Semoga tidak ada lagi Rumah Sakit Negeri dan swasta yang memberikan beban APD dengan harga yang cukup tinggi terhadap pasien.

Kami juga meminta untuk Dinas Kesehatan Kota Tangerang, harus bertindak tegas dalam melakukan pengawasan kepada seluruh rumah sakit yang ada di kota tangerang. Bila perlu dinkes cabut izin operasional dan izin praktek dokter bila mendapati rs yang tidak menjalankan aturan UU. Jangan sampai terlihat adanya dugaan kongkalikong antara pemerintah dan Rs. Swasta dalam kasus ini”, tuturnya.

Sementara itu ditempat terpisah Direktur Primaya Hospital Tangerang dr.Elizabeth, MHKes, ketika dikonfirmasi poskota melalui whatsapp, terkait permasalahan tersebut, Senin (14/06/2021) mengatakan, ” Kami senantiasa mendengarkan feedback dari para pasien kami. Seluruh feedback dari pasien merupakan hal positif bagi Primaya Hospital untuk senantiasa meningkatkan kualitas pelayanan”.

“Saat ini kami sebagai Rumah Sakit Swasta berupaya untuk memberikan standar keamanan dan keselamatan pasien yang terbaik. APD ini sangat bermanfaat untuk para pasien agar terhindar dari paparan covid 19. Rumah Sakit akan selalu mereview biaya yang akan dibebankan ke pasien dengan adanya pertimbangan pertimbangan dan ketentuan / regulasi yang berlaku”, ucapnya.

Masih dikatakan Elizabeth untuk biaya APD variatif, tergantung dari jenis APD yang digunakan. Untuk pasien rawat jalan APD level 1 biaya APD Rp 10.000 dan APD level 2 saat ini Rp 50.000.

APD saat ini memang sangat berfungsi untuk mencegah penyebaran covid 19 di area Rumah Sakit dan biaya APD ini tidak hanya meliputi baju APD, tetapi juga biaya pembersihan ruangan secara berkala di tengah pandemi covid 19. Jadi fungsi biaya APD ini tidak hanya untuk nakes semata, tetapi juga untuk para pasien yang berada di lingkungan gedung RS Primaya Hospital”, tandasnya.

News Feed