PDAM TKR : Laporan dan Keluhan Warga Terkait Lonjakan Harga Bisa Melalui Aplikasi SIMPEL TKR 

-Daerah-96 views
Content Protection by DMCA.com

Laporan: M. Ridwan

TANGERANG,Poskota – Adanya laporan dari warga yang mengeluhkan kenaikan tagihan air dari Perusahaan Daerah Air Minum Tirta Kerta Raharja (PDAM TKR) Kab. Tangerang yang melonjak cukup tinggi.

Untuk pemakaian air biasanya pelanggan perbulan membayar kisaran Rp. 80.000 semenjak suasana Pandemi Covid-19 ini tagihan melonjak dengan harga pantastis sebab harus membayar dikenakan tarif Rp.500.000.

“Saya merasa kaget dan aneh akhirnya pembayaran bisa dinegoisasi menjadi Rp.300.000. Itu pun menurut saya masih tinggi yang saya bayarkan” ujar Mustaring warga Villa Tangerang GB 01/03 Kel. Gebang Raya, Kec. Priuk, Kota Tangerang ini ke awak media Poskota.net pada rabu siang (24/03/21).

Saat dikonfirmasi terkait hal itu, Ahmad Rizal selaku Kabid Humas Perusahaan Daerah Air Minum PDAM TKR Kabupaten Tangerang” Terkait lonjakan ini Selama pandemi kami memang tidak melakukan pembacaan meter manual terkait intruksi Physichal Distancing, tapi kami dari awal pandemi sudah memberikan pemberitahuan melalui brosur terkait untuk baca meter mandiri pelanggan bisa melaporkan photo keterangan kirim melalui WhatShAap.

“Kalau pelanggan yang rajin lapor setiap bulan itu pembayarannya sesuai” ucap Ahmad Rizal.

Ada beberapa pelanggan kami yang tidak melapor di masa pandemi ini dikarenakan adanya Physical Distancing Pembatasan Sosial Bersekala Besar (PSBB) yang rumahnya tidak mau didatangi, sampe-sampe petugas kami diusir akhirnya tidak dibacakan meter manualnya.

Kami adakan kebijakan namanya Reduksi dari tahun 2006 kalau ada water meter pelanggan bermasalah atau ada kebocoran dan lonjakan harga silahkan datang ke kantor wilayah  PDAM TKR

Keluhan warga masyarakat keberatan dan protes hal yang wajar. Ini kan suasana Pandemi jadi warga masyarakat banyak dirumah otomatis penggunaan air jelas bertambah kami sudah membuat Aplikasi yang namanya SIMPEL TKR silakan di Download aplikasi ini di Play Store dan App Store untuk mempermudah agar pelanggan PDAM TKR dapat mengetahui informasi terkait laporan pengaduan, tagihan air, pemasangan baru dan lain sebagainya” ucap Ahmad Rizal ke awak media ini di kantor PDAM TKR. Rabu siang (24/03).

Masih kata Ahmad Rizal” Untuk pelanggan PDAM TKR Kabupaten Tangerang keseluruhannya ada 70 ribu, sedangkan pelanggan yang menggunakan aplikasi SIMPEL TKR baru 25 ribu.

“Sekarang kebijakan kami dimasa pandemi untuk pelanggan PDAM TKR  yang nunggak beberapa bulan, mau setahun, tidak boleh diputus, jangan sampai memberatkan pelanggan. Karena itu sudah kebijakan dari Bupati Kalau ada yang diputus laporkan ke kami. Kalau untuk pemasangan baru biaya Rp 1,2 Juta itu bersih sudah semuanya,” pungkas Ahmad Rizal

News Feed