Kanit Reskrim IPDA EKO SANJAYA. SH Dan Tim, Berhasil Amankan Kayu Olahan Diduga Ilegal Sebanyak Empat Ton

-Daerah-89 views
Content Protection by DMCA.com

 

Laporan: JB Gultom (Kabiro Labuhanbatu)

LABUHANBATU,poskota – Tidak memiliki dokument yang jelas, sebanyak Empat Ton kayu olahan jenis kayu keras sembarang diduga ilegal, berhasil diamankan oleh unit Reskrim Polsek Kualuh Hulu yang dipimpin Kanit Reskrim IPDA EKO SANJAYA. SH, pada Selasa (18/05/2021) sekitar pukul 00.30 wib, tepatnya di Jalinsum Membang Muda, Aek Kanopan, Labuhanbatu Utara (Labura).

Menurut penjelasan Kapolsek Kualuh Hulu AKP Syahrial Sirait ketika dihubungi lewat ponsel pribadinya, kayu diamankan karena tidak dilengkapi dokumentasi yang jelas.

“Iya benar, karena tidak bisa menunjukkan dokumen yang jelas”, jelasnya

Kapolsek Kualuh Hulu AKP Syahrial Sirait mengatakan, belum bisa menjelaskan dari mana asal kayu tersebut, dan penanganannya sudah diserahkan ke Tipidter Polres Labuhanbatu

“Gak sampai kita telusuri darimana (asal kayu), yang jelas karena tidak memiliki dokumen (diamankan), dan sudah diserahkan ke Tipidter Polres”, ungkapnya

Terpisah, menjawab konfirmasi awak media, Kasatreskrim Polres Labuhanbatu AKP Parikhesit ketika dihubungi lewat WA jalur pribadi (japri) bahwa kasus kepemilikan kayu diduga ilegal tersebut masih dalam pemeriksaan bersama Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH).

“Sedang dicek tunggul bersama KPH”, jawab Kasatreskrim singkat.

Bersamaan dengan barang bukti, pihak kepolisian juga mengamankan pelaku berjumlah 3 (tiga) orang, IS (L/25) warga Dusun II Simonis Desa Simonis, Kecamatan Aek Natas, Labura, IS (L/20) warga Dusun IV Desa Meranti Omas, Kecamatan NA IX-X Labura, dan MA (L/19) warga Dusun II Desa Simonis Kecamatan Aek Natas, Labura.

Pihak kepolisian juga mengamankan sebuah mobil pengangkutan truck Colt Diesel dengan nomor polisi BH 9877 BU berwarna kuning.

Dengan kepemilikan kayu diduga ilegal tersebut, terduga pelaku Melanggar Pasal 50 ayat (3) huruf h UURI No. 41 Tahun 1999 tentang Kehutanan.

News Feed