Indonesia Tambah 1 Medali Perak Melalui Cabang Olahraga Angkat Besi

Content Protection by DMCA.com

Laporan : Erwin Silitonga

JAKARTA,poskotanews – Lifter andalan Indonesia, Eko Yuli Irawan, berhasil meraih medali perak di Olimpiade Tokyo 2021. Atlet asal Lampung ini merebutnya dari nomor 61 kilogram dalam lomba di Tokyo International Forum, Minggu (25/7/2021).

Untuk medali emas diraih Li Fabin dari Cina dan medali perunggu direbut oleh Igor Son dari Kazakhstan.

Eko, yang saat ini sudah berusia 32 tahun, bersaing ketat dengan atlet China  Li Fabin dalam upaya meraih medali emas. Pada angkatan snatch, lifter yang menjuarai Kejuaraan Dunia 2018 ini menempati posisi kedua dengan angkatan 137 kilogram.

Pada angkatan snatch ini, Eko kalah dari Li Fabin yang berhasil melakukan angkatan 141 kilogram. Posisi ketiga diraih oleh Yoichi Itokazu yang berhasil menorehkan angkatan 133 kilogram.

Pada angkatan clean and jerk, Eko berhasil mengangkat beban 165 kg. Total angkatan keseluruhan yakni 302 kilogram, membuat Eko Yuli menyumbangkan medali perak bagi Indonesia.

Lifter Cina, Li Fabin, melakukan angkatan clean and jerk yakni 172 kilogram, yang menempatkannya sebagai peraih medali emas dengan total angkatan 313 kilogram. Medali perunggu berhasil diraih oleh Igor Son asal Kazakhtan, dengan total angkatan 294 kilogram.

Prestasi terbaik yang di raih Eko Yuli ini, menjadi medali kedua bagi Indonesia, si cabang angkat besi, dimana sehari sebelumnya atlet angkat besi putri kita Cantika juga berhasil meraih medali perunggu.

Dengan meraih dua medali 1 perak 1 perunggu peringkat Indonesia berada di peringkat 17 sementara di ajang olimpiada Tokyo 2020.