Hutan Mangrove Tanjung Pasir Harus di Lestarikan, Itu Asset Kekayaan Alam

Content Protection by DMCA.com

Laporan : Amir Hidayat

TANGERANG,poskota.net- Indonesia sebagai negara kepulauan merupakan salah satu negara dengan luas hutan mangrove terbesar di dunia. Hutan mangrove memiliki peranan penting dan bermanfaat bagi lingkungan pesisir pantai sekitar, seperti hutan mangrove seluas 280 hektar, berlokasi di Desa Tanjung Pasir, Kecamatan Teluknaga, Kabupaten Tangerang.

Saat ditemui Poskota.net David selaku Ketua Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Tapas Jaya, mengatakan mangrove atau hutan bakau mempunyai definisi sebagai hutan yang tumbuh di atas rawa-rawa berair payau yang terletak di pesisir pantai, tepatnya di sekitar muara sungai, sehingga tumbuhan yang hidup di hutan mangrove bersifat unik karena merupakan gabungan dari ciri-ciri tumbuhan yang hidup di darat dan di laut. Kamis (11/03/2021).

“Manfaat dan peranan hutan mangrove untuk mencegah intrusi air laut, mencegah erosi dan abrasi pantai, memiliki akar untuk melindungi tanah dipesisir pantai, sebagai pengurai limbah organik dan berperan sebagai pembentukan pulau untuk menstabilkan daerah pesisir pantai serta tempat berlindung hewan-hewan sesuai habitat maupun zat makanannya,” ucap David kepada Poskota.net, Kamis (11/03/2021).

Sementara itu, Ahmad Yani biasa akrab disapa Ocoy, mengatakan hutan mangrove adalah pariwisata sosial, kalau sudah kategori pariwisata sosial. Hutan mangrove harus dikelola oleh masyarakat. Makanya kelembagaan harus diperkuat, kelembagaan harus dibantu oleh pemangku kebijakan dari segi pembinaan dan bimbingan. Ketika kelembagaan sudah kuat harus didukung sarana dan prasarana, segi manual dan tradisional.

“Menteri saja sangat peduli atas hutan mangrove begitu pun Bupati Tangerang sangat mendukung program rehabilitasi penanaman pohon mangrove yang telah dilaksanakan sekira delapan hari yang lalu, tepatnya pada tanggal tiga maret 2021,” tegas Ocoy Sekjen LMDH Tapas Jaya

Hutan mangrove merupakan asset kekayaan alam yang harus digali potensinya dalam meningkatkan sumber daya manusia di pesisir pantai, khususnya hutan mangrove Tanjung Pasir. Kami selaku Lembaga Masyarakat Desa Hutan Tapas Jaya mengucapkan terima kasih kepada Bupati Tangerang yang sudah mendukung rehabilitasi penanaman pohon mangrove.

“Hutan mangrove harus di lestarikan dan jangan di nganggu,” tukas Ocoy selaku Sekjen LMDH Tapas Jaya kepada Poskota.net.

Ditambahkan, Ocoy mengatakan penanaman pohon mangrove untuk mendongkrak dibidang sektor perekonomian buat masyarakat dan terciptanya lapangan pekerjaan. Agar Desa Tanjung Pasir jauh lebih maju sebagai basis daerah pariwisata yang ramah lingkungan dan berpendidikan. Hal ini dilakukan demi terciptanya ekowisata di wilayah pesisir pantai utara Tangerang.

News Feed