Ditbinmas Ajak FKPM Kecamatan Cisoka Perkuat Kemitraan Jelang Bulan Suci Ramadhan

Content Protection by DMCA.com

 

TANGERANG,POSKOTANEWS – Perkuat sinergitas polisional antara Bhabinkamtibmas dan Forum Kemitraan Polri dan Masyarakat (FKPM) jelang Bulan Suci Ramadhan, Ditbinmas Polda Banten dalam hal ini dilaksanakan oleh Kasubdit Binpolmas AKBP M. Adhi Chandra bersilaturahmi dengan FKPM di wilayah Kecamatan Cisoka. Bertempat di Kantor Kecamatan Cisoka – Tangerang, pada Kamis (31/03)

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Camat Cadasari dalam hal ini diwakili oleh Kasubbag Umum dan Kepegawaian Bapak Supriyatna, Kanit Binmas Polsek Cisoka Ipda Rawi, Bhabinkamtibmas Polsek Cisoka Aipda Ansori, Wakil Ketua Pokdar Kamtibmas Bhayangkara Kabupaten Tangerang Bapak Johny, Ketua MUI Kecamatan Cisoka serta peserta giat tatap muka dari FKPM Kecamatan Cisoka sebanyak 30 orang.

Kasubdit Binpolmas AKBP M. Adhi Chandra  mengatakan acarai ini dilaksanakan untuk menyambut Bulan Suci Ramadhan.

“Digelarnya kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pembinaan dan arahan kepada anggota FKPM, guna mewujudkan masyarakat yang memiliki kemampuan deteksi dini, cegah dini dan problem solving jelang Bulan Suci Ramadhan,” ucap Adhi Chandra.

Mengawali sambutannya, Adhi Chandra mengatakan bahwa sinergitas Polri dan Masyarakat harus terjalin erat, dalam upaya menjaga stabilitas kamtibmas agar tetap aman dan kondusif.

“Polri tidak bisa begerak sendiri tanpa sumbangsih masyarakat dalam upaya harkamtibmas, kemitraan antara Polri dan masyarakat harus dipadukan demi terwujudnya situasi Kamtibmas yang aman dan kondusif, salah satunya melalui kemitraan dengan FKPM,” ujar Adhi Chandra.

“Maka dari itu, sudah menjadi kewajiban kami sebagai anggota Polri untuk membina serta mengembangkan potensi dan kekuatan masyarakat dalam menangkal, mencegah, dan menanggulangi segala bentuk pelanggaran hukum dan bentuk- bentuk gangguan lainnya yang dapat meresahkan masyarakat, melalui kegiatan tatap muka ini,” imbuh Adhi Chandra.

Lanjut kemudian, Adhi Chandra memberikan pemahaman terkait strategi Polmas, untuk diimplementasikan di lapangan oleh anggota FKPM.

“Polmas atau Pemolisian Masyarakat mampu mendorong terciptanya suatu kerjasama antara Polri dengan masyarakat dalam menghadapi suatu permasalahan yang terjadi, dan bersama-sama berupaya menemukan cara penyelesaiannya,” kata Adhi Chandra.

“Pendekatan Polmas dapat dilakukan dengan bertatap muka serta bincang-bincang dengan anggota masyarakat yang dikunjungi. Hal ini dilakukan dengan harapan untuk mendapatkan informasi tentang masyarakat dan permasalahan yang terjadi di dalamnya, atau untuk dapat memberikan arahan, informasi, atau pembinaan kepada masyarakat untuk lebih meningkatkan kepedulian terhadap Kamtibmas. Sasaran yang terutama adalah para tokoh atau pemimpin suatu komunitas, maupun orang-orang yang dianggap memiliki pengaruh terhadap suatu komunitas ataupun wilayah tertentu dalam masyarakat,” imbuhnya.

Sambung Adhi Chandra, adanya pendekatan itu dimaksudkan agar diperoleh informasi dari segala lapisan masyarakat, dan akhirnya Polri akan mendapatkan informasi yang lebih akurat sebagai bahan untuk mengambil tindakan.

Dengan adanya kegiatan ini, Adhi Chandra berharap kemitraan Polri dengan FKPM “saya berharap kemitraan Polri dengan FKPM dapat menciptakan ketentraman.
benar-benar mampu dikolaborasikan untuk menciptakan suasana yang aman dan kondusif, dapat membantu masyarakat dalam mencari solusi permasalahan. Terlebih Ramadhan sudah tinggal menghitung hari, suasana yang tentram tentu menjadi harapan bagi masyarakat yang menunaikan ibadah puasa bagi yang menjalankan,” tutup Adhi Chandra. (Bidhumas)

News Feed