BKD Labuhanbatu Lakukan Mutasi Belasan Guru Baru Penempatan 2019, Bahkan Belum 2 Tahun Masa Tugas

Content Protection by DMCA.com

Laporan: JB Gultom (Kabiro Labuhanbatu)
LABUHANBATU, Poskota.net- Belasan Guru berstatus Aparatur Sipil Negara (ASN) penempatan sekitar Bulan Maret 2019 dibeberapa sekolah dasar negeri (SDN) di kecamatan Panai Tengah, Kabupaten Labuhanbatu, Sumatera Utara mendapat persetujuan perpindahan pada September 2020 lalu, dari Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Labuhanbatu, walau para Guru ASN tersebut bahkan belum Dua tahun menjalani masa tugas.
Mutasi yang dilakukan BKD Labuhanbatu kepada belasan Guru sangat bertentangan jika mengacu kepada Permen PAN-RB No 23 Tahun 2019.
Pasalnya dalam permenPAN-RB dalam lampiran bagian L Nomor 02 huruf j dikatakan,
“j. Pelamar wajib membuat surat pernyataan bersedia mengabdi
pada instansi yang bersangkutan saat pendaftaran dan tidak
mengajukan pindah dengan alasan apapun paling singkat selama
10 (sepuluh) tahun sejak TMT PNS,”
Dalam butir (j) jelas disebutkan, tidak mengajukan pindah dengan alasan apapun sebelum 10 (Sepuluh) tahun masa kerja sejak penempatan awal.
Hal ini tidak sesuai dengan yang dilakukan BKD Labuhanbatu, karena telah melakukan mutasi atau perpindahan kepada belasan Guru yang masih baru menjalani masa tugasnya.
Ketika dikonfirmasi awak media ini kepada Kaban BKD Labuhanbatu Zainuddin Siregar melalui WA Senin (11/01/2021) pukul 16.57 Wib, tidak mendapat tanggapan meski sudah dibaca, hal ini dibuktikan dengan contengan 2 garis biru.
Sementara itu ditempat terpisah Sekretaris Dewan Pendidikan Labuhanbatu Ngampuni Tarigan, ketika dimintai tanggapannya lewat HP mengatakan akan mempelajarinya terlebih dahulu.
“Sebelumnya trima kasih atas informasinya, namun akan kita pelajari terlebih dahulu sebelum kita tindaklanjuti ke BKD Labuhanbatu” Ucap Ngampuni Tarigan.
Senada dengan Ngampuni Tarigan, anggota dewan pendidikan Elviana Sagala mengatakan hal serupa, akan mempelajari terlebih dahulu termasuk tentang PermenPAN-RB dan berjanji akan menelusurinya.
“Kita akan pelajari dulu ya, juga permenPAN-RB nya nanti kita akan telusuri, ,” jawabnya singkat ketika dihubungi lewat telepon selulernya.

News Feed