AJV PENGDA Banten Dilantik, Syaifurrahman Ajak Jurnalis Lakukan Jurnalistik Nabi

-Daerah-84 views
Content Protection by DMCA.com

Laporan : M. Ridwan

TANGERANG,poskota – Ketua Umum AJV (Aliansi Jurnalis Video) Syaifurrahman Al Banjary melantik Pengda (Pengurus Daerah) AJV Banten periode 2021-2024 di Coffe Sangego Cipondoh Kota Tangerang, Minggu (14/3/2021).

Pelantikan dihadiri Wakil Walikota Tangerang H.Sachrudin yang juga sebagai penasihat AJV Banten. Dewan Penasihat AJV pusat Haris Jauhari, Ketua Umum AJV Syaifurrahman Al Banjary, dan Sekjen AJV Syaiful Akbar.

Pelantikan dengan menerapkan protokol kesehatan itu juga dihadiri para pengurus Korwil AJV yang ada di delapan kota/kabupaten di Banten. Selain itu para awak media yang biasa meliput di wilayah Tangerang Raya dan Banten.

Adapun para Pengurus Daerah AJV Banten yang dilantik Ketua Anggit Gunadhi, Sekjen Iksan Bhakti, Wakil sekretaris Syaiful Anwarudin, Bendahara Andika Ilman, Wakil bendahara Hasjantama Djafarudin, Ketua Bidang Pengembangan Teknologi Informasi Fajrin Raharjo, Ketua Bidang Pendidikan dan Produksi Firdaus Rahmadi, Ketua Bidang Penelitian dan Pengembangan Adi Mazda

H. Sachrudin dalam sambutannya mengatakan, agar kehadiran AJV Banten menjadi solusi dalam meningkatan kesadaran berbangsa dan bernegara. Khususnya di Kota Tangerang dan Banten.

AJV agar membangun sinergitas dengan semua komponen. Sampaikan hiburan informasi kepada semuanya untuk menciptakan iklim yang baik. “Kita harus bersama-sama dan coba melalui media ini berikan pencerahan,” katanya.

Syaifurrahman mengatakan, AJV lahir di tengah situasi perang media sosial. Mana yang berita dan bukan.Banyaknya informasi tidak benar membuat masyarakat bingung.”Dengan situasi itu kita membuat penyiaran yang kreatif,” katanya.

Menurutnya, kehadiran AJV juga untuk mengadvokasi anggota dan non anggota bila terjadi sesuatu terhadap karya jurnalistiknya.Karena itu karya yang dihasilkan harus memenuhi kebenaran.

Ia menegaskan, AJV siap memberi pembelajaran kepada pemuda dan siapa saja untuk menjadi jurnalis yang bagus, positif, dan menginspirasi masyarakat.

“Kita juga harus menerapkan jurnalisme yang adil.Jangan menjejali berita-berita tak berimbang ke masyarakat. Mari kita berlomba-lomba dalam kebaikan,” ajaknya.

Ia mengingatkan agar jurnalis dalam berkarya meneladani sifat nabi.Seperti harus Sidik (benar), Amanah (dipercaya, Fathonah (cerdas), dan Tablig (menyampaikan). Harus benar dalam menyampaikan kebenaran dan tak semua harus disampaikan.Karena semua akan diminta pertanggungjawaban. “Inilah jurnalistik nabi,” katanya.

Keberadaan AJV dalam waktu 3 tahun sudah membuat sejarah tentang Undang-undang (UU) penyiaran dalam hal kebebasan membuat video secara langsung. Sebelumnya ada pihak dan kelompok yang menolak.”Coba kalau disahkan teman-teman tak bisa bikin video siaran langsung lagi,” kata Haris Jauhari, dewan penasihat AJV pusat.

Menurutnya, AJV hadir untuk keadilan di dunia jurnalistik. Bahlan berkeadilan keluar dan ke dalam.Kepada masyarakat dan pemerintah.Dengan cara ini jurnalistik bisa bermanfaat bagi nusa dan bamgsa.”Dengan jadi pengurus AJV bahwa kalian sudah memperjuangkan kebaikan minimal di Banten. Ajak semua jadi jurnalis baik.,” katanya.

Ketua AJV Banten Anggit Gunadhi mengucapkan terimakasih atas pelantikan Pengda AJV Banten oleh ketua AJV pusat. Menurutnya, kehadirannya untuk melayani semuanya.”Semoga AJV ini lebih bermanfaat,” katanya.

News Feed